Cara Mengamankan WiFi dirumah

WiFi, kepanjangan dari Wireless Fidelity. merupakan pengembangan dari istilah Hi-Fi, sebuah teknologi jaringan nirkabel yang digunakan di seluruh dunia. Wi-Fi mengacu pada sistem yang menggunakan standar 802.11, yang dikembangkan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) dan dirilis pada tahun 1997, media penghantarnya menggunakan sinyal radio yang bekerja pada frekwensi tertentu.

Mungkin istilah wifi banyak dikenal oleh masyarakat sebagai media untuk internet saja, namun sebenarnya bisa juga difungsikan sebagai jaringan tanpa kabel (nirkabel) seperti di perusahaan-perusahaan besar dan juga di warnet. Jaringan nirkabel tersebut biasa diistilahkan dengan LAN (local area network). Sehingga antara komputer dilokasi satu bisa saling berhubungan dengan komputer lain yang letaknya berbeda. Begitu juga diera sekarang hampir sebagian rumahan sudah menggunakan WiFi karena disebabkan oleh harga dari sebuah Internet Service Provider sangat terjangkau, penggunaan WiFi lebih efisien dan dapat digunakan oleh semua HP Smartphone ataupun Notebook dan PC ( tambahan hardware ).



Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan koneksi WiFi di rumah Anda. Cara-cara ini sebenarnya mudah, namun banyak orang yang terlalu malas untuk melakukannya, sehingga koneksi WiFi mereka beresiko disalahgunakan. Berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan koneksi WiFi rumah Anda:
  • Gantilah password default router anda.
Gantilah password WiFi router Anda, karena kebanyakan vendor mengkonfigurasi agar semua perangkat mereka menggunakan username dan password yang sama, seperti "admin" untuk username, dan "password" untuk password. Karena username dan password tersebut sangat umum, orang lain bisa dengan mudah membuka WiFi router Anda. Untuk tips keamanan password bisa klik link ini, serta cara membuat password yang lebih aman bisa klik link ini


  • Ganti SSID/nama WiFi default

Gantilah nama SSID Anda, karena hampir semua WiFi router menggunakan SSID yang mirip, seperti "default" atau "wifi". Gunakanlah nama yang bisa Anda pahami, tapi jangan gunakan informasi personal seperti alamat atau nama Anda.


  • Gunakan enkripsi dan password
Gunakan enkripsi dengan teknologi paling baru dan gunakan password di koneksi WiFi Anda. Saat ini teknologi enkripsi yang paling baru untuk WiFi adalah WPA2. Jadi, gunakanlah mode enkripsi ini jika WiFi router Anda memiliki pilihan ini. Acuan untuk password sama saja dengan password router, yaitu minimal 8 karakter, dan terdiri dari gabungan antara huruf kecil dan huruf kapital, angka, dan symbol. Untuk referensi password serta tools bisa klik link ini

  • Pindahkan posisi WiFi router ketempat tidak terlihat 
Banyak orang yang tidak tahu, bahwa dengan memindahkan posisi WiFI router Anda bisa memberikan lapisan keaman tambahan. Anda sebaiknya menaruh WiFi router Anda jauh dari jendela atau pintu, dan posisikan di tengah-tengah rumah Anda. Ini berfungsi agar sinyal WiFi Anda tidak bisa mencapai bagian luar rumah Anda dan tidak bisa diakses oleh orang-orang yang berada di luar rumah Anda serta menghindari user yang tidak diinginkan menggunakan fitur WPS button. Jika WiFi router Anda memiliki pilihan untuk menurunkan kekuatan sinyal, gunakanlah pilihan ini dan sesuaikan agar sinyal WiFi Anda tidak "tumpah" ke luar rumah Anda.

Jika ada yang masih bingung dengan permasalahan WiFi bisa mencoba Tutorial ini
Bingung apa itu Access Point dan Wireless Router bisa klik link ini

No comments: