Perbandingan AMD dan Intel

Membeli prosesor sekarang tidak semudah dulu. Dulu, Anda tinggal menyebutkan angka GHz. Sekarang, clockspeed tidak lagi digunakan sebagai bagian nama prosesor. Belum lagi, produsen menambahkan jargon-jargon teknologi canggih seperti Dual-Core, 64 Bit, Cool n' Quiet, Enhanced SpeedStep (ESS) dan Non-Executable-Bit. Jika tidak ingin salah beli, Anda harus memahami makna istilah-istilah teknis tersebut. Asal tahu saja, singkatan "D" dalam nama CPU Intel yang baru bukan berarti “Dual-Core”, melainkan “Desktop”. Penamaan gaya baru ini semakin memperumit pilihan. Prosesor Model Numbering seperti pada Intel atau AMD Rating memang tidak mudah dicerna. Apalagi menurut daftar harga resmi saat ini, produsen menawarkan sekitar 50 prosesor yang berbeda! Angka ini di luar prosesor untuk server dan notebook.

AMD dikabarkan telah mengeluarkan prosesor yang memiliki kinerja tinggi, dengan desain yang dibuat untuk menyaingi kehebatan prosesor Intel Atom. Akhirnya, spekulasi datang dari pembuat chip Sunnyvale yang tidak akan menggunakan prosesor intel atom pada saat-saat ini.

Bedasarkan artikel yang dibuat oleh Tom pada website hardwarenya, pembuatan prosesor AMD ini ditunjukkan untuk menyaingi kinerja prosesor Intel Atom dan memiliki kelebihan dalam hal harga lebih murah, memiliki kinerja tinggi, tidak menimbulkan berisik pada saat digunakan. Tes dilakukan antara prosesor Intel atom dengan AMD, prosesor Intel Atom seri 230 diuji coba dengan AMD dengan seri Athlon 64 soket 2000+ yang dilakukan di uji lab dan hasil tes itu menunjukkan bahwa kinerja prosesor AMD Athlon 64 memiliki kinerja lebih baik dibandingkan dengan Intel Atom.

Uji coba ini dilakukan dengan menggunakan dua komputer, bedasarkan hasil tes prosesor AMD Athlon 64 soket 2000+ memiliki kelebihan dibidang konsumsi energi yang rendah dan prosesor ini memberikan kinerja lebih baik dibandingkan Intel Atom. Salah satu point tertinggi dari prosesor AMD Athlon yaitu pada chipset terbaru 790G platform pada hasil uji cobanya. Chipset 709G memiliki fasilitas yaitu memiliki tiga port sata, didalamnya terintegrasi dengan kartu grafis yang menghasilkan resolusi tinggi dan juga dapat melakukan kinerja pada dua monitor sekaligus karena memiliki resolusi HD maksimum sebesar 1920 x 1200 yang menghasilkan kualitas gambar tinggi dan juga memiliki port DVI/HDMI.

Pengguanaan platform chipset 790G dalam kinerjanya tidak memerlukan pendingin yang digunakan untuk mengatasi suhu pada CPU, karena AMD telah menerapkan penghematan konsumsi energi yang berakibat menurunnya panas pada CPU

Prosesor AMD Athlon 64 soket 2000+ mempunyai level TDP lebih tinggi dibandingkan Intel Atom, TDP pada AMD sebesar 8W sedangkan pada Intel Atom hanya memiliki TDP sebesar 4W. Ada juga suatu kerugian pada chipset 790G, AMD hanya menggunakan microATX sedangkan Intel telah menggunakan miniITX dengan kualitasnya lebih bagus dibandingkan AMD

Untuk ukuran keseluruhan review mungkin AMD lebih diunggulkan karena daya yang sedikit dari intel dan tingkat kepanasan dari AMD lebih dingin daripada INTEL.Terakhir untuk ukuran harga tentu saja AMD is the best....super MUUUUUUURRRAAHHHH.....!!!!!!!
Sekarang tinggal anda akan memilih yang mana????

5 comments:

Anonymous said...

AMD emang murah.

gw ga suka Intel karena punya Israel, dan intel bikin 3 pabrik di tanah rampasan palestina.

Eka Hendrayana said...

AMD emang murah tapi tidak murahan....dan intel harganya tinggi dan kurang efisien terhadap kanker(kantong kering)

musafiralbantani said...

hemmmm " anak amatiran mengenai PROCESSOR, entah intel apa AMD yang hebat, tapi gw sekarang lagi make intel, dan esok gw make AMD.

perawatan AMD gimana yuch ??? apa mesti pake kipas aza .???

Eka Hendrayana said...

@musafiralbantani : disini kita sharing untuk belajar brow so aku sendiri yang buat blog ini juga masih belajar...
AMD ama intel sama aja cuma ada kelebihan dan kekurangan.
AMD lebih tahan panas dan efisien terhadap listrik dan harganya lebih bisa dijangkau sejajar dengan spesifikasi intel yang sama, kekurangan mungkin teknologinya ketinggalan dan untuk proc yang sebesar2 intel
untuk Intel mungkin harganya tinggi dan dan kelebihannya mungkin teknologinya sedikit lebih dengan menghasilkan banyak proc yang sizenya lebih besar dari AMD, So tergantung pilihan dari anda saja.

Anonymous said...

mengapa tidak:)